Berapa Ukuran Kamar Yang Ideal Untuk Anak-anak? Berikut Tipsnya

Memberikan ruangan kamar sendiri bagi anak sebaiknya dilakukan sebelum anak benar-benar beranjak dewasa. Contohnya, Anda bisa membiasakan anak untuk tidur di kamarnya sendiri saat mulai masuk sekolah. Hal ini akan membantunya untuk bisa belajar bersikap dewasa. Cara ini juga bisa melatih keberaniannya untuk tidur sendiri. Sebagai orang tua, pastinya Anda ingin memberikan kamar tidur yang nyaman untuk sang buah hati. Lalu, berapakah ukuran ideal untuk kamar anak-anak?


Beragam Jenis Ukuran Kamar Anak yang Ideal

Pada umumnya, anak tidak terlalu membutuhkan ruangan kamar yang luas. Buatlah ruangan yang cukup bagi mereka untuk melakukan aktivitas pribadi seperti belajar. Untuk aktivitas lainnya seperti bermain atau menonton TV bisa dilakukan di luar kamar. Berikut ini adalah luas ruangan yang cukup ideal bagi anak.

1. Ukuran 2x3 meter

Kamar dengan ukuran 2x3 meter merupakan ruang yang cukup untuk ditempati oleh 1 anak. Anda bisa menempatkan sebuah ranjang berukuran single bed, sebuah meja belajar lengkap dengan kursinya dan juga sebuah lemari pakaian. Pada ukuran ini, anak akan merasa cukup nyaman untuk melakukan aktivitas di dalam kamar.

Jangan lupa untuk memberikan penerangan yang cukup dan juga sirkulasi udara yang memadai. Ruangan seorang anak haruslah mendukung untuk tumbuh kembangnya, dalam arti bahwa ruangan itu harus bersih, udara yang terjaga dan sinar matahari yang cukup.

2. Ukuran 3x3 meter

Jika Anda memiliki luas tanah yang cukup lebar, Anda bisa membuat ruangan yang sedikit lebih luas untuk anak anda. Buatlah 3x3 meter. Ruangan ini cukup ideal untuk dihuni oleh 1 anak. Selain bisa meletakkan single bed, sebuah meja belajar dan sebuah lemari, Anda bisa menambahkan beberapa perabot seperti sebuah sofa untuk bersantai atau lemari untuk menyimpan mainan. Jika anak hendak mengundang teman dekatnya untuk bermain, ruangan 3x3 meter ini sudah cukup untuk menampungnya asal tidak lebih dari 4 anak.

3. Ukuran 3x4 meter

Setiap kamar memang harus dirancang menyesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Anda juga harus melihat tingkat pergerakan atau mobilitas yang akan dilakukan di dalam sebuah ruang kamar. Untuk ruangan 3x4 meter, sebenarnya agak terlalu luas untuk ditempati 1 anak. Luas kamar seperti ini memberikan kesan sendiri atau kesepian untuk satu orang anak. Namun jika Anda ingin menempatkan dua anak dalam satu ruangan, ukuran 3x4 meter bisa menjadi ukuran yang ideal. Dalam hal ini, kamar tidak akan terasa terlalu luas dan anak tidak akan merasa sendiri atau kesepian. Anda bisa meletakkan double bed atau ranjang bersusun di dalam kamar.

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan utama dalam sebuah rumah. Beberapa aktivitas individu bisa dilakukan di dalam ruang tidur seperti belajar, bersantai, atau bahkan bermain. Ruangan kamar untuk anak sangat dianjurkan untuk dibuat berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan sang anak, misalnya memberikan wallpaper yang bisa mendukung suasana nyaman di dalam kamar ataupun memberikan perabot atau hiasan yang bisa menstimulasi pertumbuhan mereka. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelembaban kamar anak karena ruangan tidur yang tidak sehat akan rawan membuat anak terserang penyakit.

Pada dasarnya, setiap ruangan yang Anda desain untuk anak-anak memang menyesuaikan dengan luas bangunan yang Anda miliki. Tidak perlu memaksakan untuk membuat ruangan lebih luas. Biarkan anak Anda banyak melakukan aktivitas di luar kamar bersama keluarga dan saudara-saudaranya.