Menabung Di Bank, Tanah, Properti Atau Emas Dan Perhiasan? Yuks Kita Intip Untung Ruginya

Semakin bertambah usia tentu saja kita semakin memikirkan investasi untuk masa depan yang dapat digunakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Beberapa investasi yang biasanya dijadikan incaran yaitu menabung di bank, tanah, properti atau emas dan perhiasan. Sebelum memutuskan mana yang akan Anda prioritaskan sebagai investasi, akan lebih baik bila Anda mengetahui untung ruginya. semua pasti membawa plus minusnya sendiri-sendiri dan Anda dapat memilih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.


Untung Rugi Berinvestasi Dengan Berbagai Investasi Yang Direkomendasikan

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari investasi yang bisa Anda jadikan referensi dan pandangan saat akan melakukannya.

1. Menabung di bank

Menabung di bank dapat Anda jadikan salah satu cara berinvestasi dengan mudah dan aman. Keuntungannya adalah Anda dapat menggunakannya dengan mudah kapan saja diinginkan. Anda dapat mengambilnya melalui ATM jika dibutuhkan mendadak dan tidak perlu memakan banyak waktu untuk mencairkannya. Namun akan lebih baiknya lagi bila Anda menyimpan sebagian uang Anda di deposito.

Dengan menyimpan uang di bank menggunakan fasilitas deposito tentunya keuntungan yang didapatkan akan lebih besar dibanding menabung biasa. Dengan deposito berjangka biasanya Anda akan mendapatkan bunga bank deposito yang lumayan jumlahnya. Ini dapat Anda jadikan investasi berjangka, misalnya saja untuk diambil 2 tahun kemudian atau disesuaikan dengan keinginan Anda.

Kekurangannya adalah uang akan lebih mudah berkurang bila Anda tidak bisa mengendalikan diri dalam penggunaannya. Terkadang orang berfikir akan lebih praktis membawa ATM ke mana saja dan menggunakan uang di dalamnya. Bila Anda tidak memanage uang tabungan dan yang dialokasikan untuk kegiatan konsumsi, program menabung akan terganggu.

2. Tanah

Salah satu investasi yang sangat direkomendasikan dan tidak akan rugi dari tahun ke tahun adalah dengan membeli tanah. Bisa dipastikan harga tanah dari tahun ke tahun tidak akan berkurang harganya karena lahan semakin terbatas dan harganya akan semakin melambung. Hal ini akan lebih menguntungkan bila letak tanah yang Anda investasikan berada di kawasan yang dekat dengan perkotaan dan fasilitas umum karena peminatnya pasti banyak.

Kelemahannya adalah jika Anda membutuhkan uang segera, Anda tidak bisa dengan cepat dan singkat mendapatkan uangnya karena menjual tanah dengan harga yang cocok adalah hal yang susah-susah gampang.

3. Properti

Mirip seperti tanah, investasi properti juga sangat menguntungkan bila letaknya di daerah yang strategis. Lewat properti ini Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan mudah dengan menyewakannya. Hal ini bisa Anda jadikan usaha sampingan dan tentu saja akan menjadi penghasilan yang cukup menjanjikan di masa tua nanti saat sudah pensiun.

Kekurangannya adalah tidak bisa dengan cepat diuangkan bila Anda membutuhkan uang segera. Namun Anda bisa menggadaikannya agar bisa mendapat uang cepat dan tidak ingin kehilangan hak milik. Karena akan disayangkan sekali menjual properti yang dapat menghasilkan uang untuk kita.

4. Emas atau perhiasan

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa menginvestasikan emas atau perhiasan itu cukup menjanjikan. Hal ini dengan catatan bila Anda saat membelinya dalam keadaan harga emas murah dan menjualnya saat harga tinggi. Oleh karena itu Anda harus kenal terlebih dahulu musim apa saja yang membuat harga emas naik dan turun serta nilai rupiah.

Bila tujuan Anda lebih untuk berinvestasi, lebih baik Anda membeli emas batangan saja. Jika Anda membeli emas dalam bentuk perhiasan dan hanya disimpan saja, Anda akan cenderung mengalami kerugian karena aka nada pengurangan harga pakai. Hal ini tentu saja akan merugikan Anda. Sedangkan emas batangan harganya akan cenderung stabil.

Kekurangannya adalah Anda harus menyimpannya dengan hati-hati karena merupakan benda yang terlihat dan bisa saja menjadi incaran saat terjadi tindak kejahatan seperti pencurian.

Setelah tahu beberapa keuntungan dan kerugian dari berinvestasi melalui menabung di bank, membeli tanah, membeli properti atau membeli emas dan perhiasan, Anda dapat menentukan yang terbaik. Pilihlah sesuai dengan kemantapan hati Anda dan kebutuhan Anda pastinya.